Postingan

Aliran-aliran Filosofis Pendidikan

Dalam landasan filosofis pendidikan juga terdapat berbagai aliran pemikiran. Hal ini muncul sebagai implikasi dari aliran-aliran yang terdapat dalam filsafat. Dalam makalah ini ada 5 aliran filosofis yang akan dibahas sesuai buku Foundation Of Education (Ornstein, A.C dan Levine, D.U (2011)). Berikut ulasannya: 1)       Idealisme   Filsafat idealis pertama kali di kemukakan oleh Plato abad ke 4 sebelum masehi.Plato berpendapat bahwa dunia adalah ide yang bersifat spiritual dan tidak berubah. Dunia ide tersebut yang mendasari realitas yang ada saat ini, karena realitas merupakan refleksi dari dunia ide atau spiritual yang bersifat absolut dan kekal. Secara metafisik filsafat idealis beranggapan bahwa jiwa atau esensi spiritual seseorang sebagai elemen permanen dari fitrah manusia yang memberikan kekuatan untuk berfikir dan merasakan. Secara epistemologi idealis beranggapan bahwa ide membentuk realitas yang selalu ada. Sedangkan pengetahuan adalah hasil dari “memanggil kemba

Landasan Filsafat Pendidikan

Filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno: philos dan sophia . Philos berarti cinta dan Sophia berarti kebajikan, kebaikan atau kebenaran, atau bisa juga diartikan cinta atau hikmah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, filsafat diartikan sebagai pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. Pengertian filsafat dalam arti yang lebih luas juga di definiskan oleh Harol Titus. Dalam pengertian yang lebih luas, Harold Titus dalam Jalalludin (2013: 2) mengemukakan pengertian filsafat sebagai berikut: 1) filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis; 2) filsafat ialah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi; 3) filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan; 4) filsafat ialah analisis logis dari bahasan dan penjelasan tentang arti konsep; dan 5) filsafat adalah sekumpulan problema-problema yang l

PENILAIAN KINERJA, SIKAP, DAN PENILAIAN DIRI

Gambar
PENILAIAN KINERJA No. Aspek yang dinilai Penilaian 1 2 3 1. Merangkai alat 2. Pengamatan 3. Data yang diperoleh 4. Kesimpulan Rubrik: Aspek yang dinilai Penilaian 1 2 3 Merangkai alat Rangakaian alat tidak benar Rangkaian alat benar, tapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja Rangkaian alat benar, rapi, dan memperhatikan keselamatan kerja Pengamatan Pengamatan tidak cermat Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi Pengamatan cermat dan bebas interpretasi Data yang diperoleh Data tidak lengkap Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis. Data lengkap, terorga