PANDANGAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN
Pandangan behaviorisme didasarkan pada hubungan stimulus respon (S-R). Behaviorisme bersumber dari pandangan john locke mengenai jiwa anak yang baru lahir, jiwanya dalam keadaan kosong, seperti meja licin putih bersih yang disebut dengan tabularasa. Dengan demikian, pengaruh dari luar jiwa anak sangatlah menentukan perkembangan jiwa anak dan pengaruh luar tersebut dapat dimanipulasi (ditreatment secara leluasa). Dalam pandangan behaviorisme, belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang dalam berbuat pada situasi tertentu. Perubahan tingkah laku yang dimaksud dalam pandangan behaviorisme adalah tingkah laku yang dapat diamati. Terjadinya perubahan tingkah laku yang dapat diamati sebagai indikasi telah terjadinya belajar. Berpikir dan emosi tidak menjadi perhatian, karena keduanya tidak dapat diamati. Pandangan behaviorisme menganggap jiwa manusia itu pasif, yang dikuasai oleh stimulus-stimulus atau perangsang-perangsang dari luar yang ada dilingkungansekitar. Oleh karena itu...