LANGKAH PAJAK KENDARAAN BERMOTOR ONLINE DI MUSIM PANDEMI CORONA

        Ada kabar gembira buat warga Indonesia khususnya Jatim, Jateng, dan Jabar. Kini Anda tidak perlu pusing memikirkan pajak kendaraan bermotor Anda saat musim corona ini. Karena, kini kita bisa membayar tagihan pajak kendaraan bermotor kita dengan sangat mudah, dengan cara online. 
         Saat ini saya berada di Klaten Jawa Tengah. Pada tanggal 8 Juni 2020, salah satu motor jatuh tempo wajib bayar pajak. Dengan kondisi yang tidak menentu ini, dan kondisi yang masih PSBB akhirnya saya memutuskan untuk tidak mudik ke Banyuwangi untuk melakukan pembayaran. Sebelumnya sudah terbersit ide untuk melakukan pembayaran di Ngawi yang merupakan kabupaten perbatasan antara Jatim dan Jateng. Waktu tempuh sekitar 3 Jam dari Klaten dengan naik motor. Tapi masalahnya tidak sampai disitu, STNK yang dibawa KTPnya masih di Banyuwangi karena motor bukan atas nama saya di STNK. Akhirnya sudah mengikhlaskan untuk siap menerima denda. Sempat mencoba melakukan pembayaran secara online di Tokopedia, tapa belum bisa. Padahal Jatim sudah menerapkan sisteam eSamsat lebih awal. Namun, tidak tahu kenapa masih tetap tidak bisa, mau ke Indomaret-pun masih ragu karena pikirku masih hanya berlaku di Jatim saja. Eh ternyata bisa di 16.000 Indomaret se-Indonesia. Dan lebih mikir lagi, kalau tanggal 20 besok juga harus bayar pajak motor yang satunya lagi. Bukan mikir dendanya sih, tap mikir karena motor di rumah, pas nanti kalau kenak tilang kasihan bapak sama ibuk. 
        Pagi ini, coba buka eSamsat di Tokopedia, ternyata sudah bisa. Akhirnya tanpa pikir panjang langsung aja  bayar lewat tokopedia. Ternyata sudah bisa digunakan, padahal beberapa hari lalu masih tidak bisa. Namun, hanya samsat Jatim, Jateng, dan Jabar yang bisa menyediakan layanan ini. Berikut langkah-langkah cara bayar pajak kendaraan bermotor Via Tokopedia.
    1. Buka Aplikasi Tokopedia
    2. Buka esamsat
    3. Masukkan Nomor Polisi kendaraan bermotor, Nomor Mesin, dan NIK (NIK bisa diisi oleh NIK siapapun, bukan harus pemilik sesuai nama STNK) 
    4.  Lanjutkan ke Pembayaran
    5. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima link untuk mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran
    6. Kunjungi link tersebut dan Anda akan memperoleh Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang sah digunakan sebagai tanda bukti pembauaran dan pelunasan STNK seperti pada gambar berikut.
 
 
Buat teman-teman dimanapun Anda berada, yang memiliki kendaraan dengan Samsat Jatim, Jateng, dan Jabar yang tidak bisa pulang saat corona, jangan khawatir. Segera bayarkan kendaraan Anda lewat Tokopedia maupun Indomaret. Apalagi yang khusus Jatim, ada Potongan sebesar 15% saat ini hingga tanggal 31 Juli 2020.  Segera dibayarkan Pajak Kendaraan Bermotornya. Terimakasih, semoga semua dalam Lindungan Allah SWT dan Dunia segera pulih.  Semoga bermanfaat.
                     

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN MOMEN INERSIA

Tugas Dinamika Rotasi Part 2

SOAL APLIKASI TORSI