SOAL LITERASI SAINS MOMENTUM


KECEPATAN LONGSOR BANJARNEGARA 300 KM/JAM
Oleh: Tempo.co
Jumat, 19 Desember 2014 06:20 WIB

Gambar. Evakuasi longsor Banjarnegara
Berdasarkan informasi Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono memperkirakan kecepatan material longsor yang menutupi hampir seluruh Dusun Jemblung, Kecamatan Karang Kobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, mencapai 300 km/jam menuju permukiman warga. "Yang memicu kecepatan itu terutama materialnya, orang bakal sulit berkutik," ujar pria yang akrab disapa Mbah Rono itu di Yogyakarta Kamis petang 18 Desember 2014.
Perkiraan Surono melihat dari derajat kemiringan tebing, ketinggian atau jarak dengan puncak ke pemukiman sekitar 40 meter, curah hujan, dan jenis material yang dibawa saat longsor. Faktor derajat kemiringan lereng tebing dinilai Surono juga menjadikan sebuah bencana longsor berdampak mematikan atau tidak. Menurut Surono, sebuah longsor diperkirakan mematikan jika medan kemiringannya antara 30-55 derajat. Dengan material tanah gembur, bercampur air hujan lebat, serta curamnya lereng, longsor tersebut semakin mematikan. Apalagi longsor terjadi saat malam hingga dini hari. "Ketika orang sedang enak-enaknya beristirahat atau tidur pulas," kata dia. Menurut Surono, satu-satunya cara menghindari longsor di daerah seperti Karang Kobar ini agar tak berdampak parah adalah menjauhinya. Radius aman mencapai lebih dari satu kilometer.

Pertanyaan!
1.      Dari peristiwa di atas, dengan menggunakan kalimat sendiri tuliskan peristiwa yang menunjukkan konsep momentum!
2.      Berdasar informasi di atas dijelaskan bahwa kecepatan material longsor mencapai 300 km/jam menuju permukiman warga. Dari informasi tersebut, apakah jenis besaran dari momentum? Jelaskan!
3.      Analisis momentum peristiwa di atas!
a.       Bagaimanakah massa longsoran dari awal longsor hingga sebelum berhenti?
b.      Bagaimanakah kecepatan longsoran dari awal longsor hingga sebelum berhenti?
4.      Jika saat terjadi longsor, ada sebuah batu besar dengan massa M yang bergerak dari keadaan diam hingga kecepatannya mencapai 300 km/jam menuju pemukiman warga sesuai hasil prediksi pada informasi di atas. Tentukan besar dan arah momentum pergerakan batu! (dalam kg.m/s)
5.      Jika karena suatu hal, batu tersebut terbelah menjadi dua sama besar sehingga massanya menjadi ½ M dan kecepatannya tetap sesuai hasil prediksi pada informasi di atas. Tentukan besar momentum pergerakan batu tersebut!
6.      Berdasarkan informasi di atas, tuliskan langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi potensi terjadi tanah longsor!


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN MOMEN INERSIA

Tugas Dinamika Rotasi Part 2

SOAL APLIKASI TORSI