Contoh Esai Pendidikan


GERAKAN SEKOLAH LITERASI PANCASILA (GerSLiP): ALTERNATIF SOLUSI MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERDAYA
SAING GLOBAL YANG BERJIWA PANCASILA
(Tema Sosial Politik: Pancasila sebagai Modal Membangun Indonesia Berdaya Saing Global; 3 halaman; 740 kata)

Oleh:
Agus Widayoko


            Daya saing global merujuk pada kesiapan sumber daya manusia dalam menghadapi abad 21. Berbagai kompetensi harus dimiliki individu untuk mampu bertahan di abad 21, diantaranya memiliki komunikasi yang baik, mampu berkolaborasi atau bekerjasama, berfikir kritis, dan memiliki kreativitas yang tinggi. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan terampil di abad 21. Sektor pendidikan memiliki tanggungjawab besar dalam memberikan pembekalan yang maksimal kepada siswa untuk mampu bersaing di tingkat global.
            Permasalahan-permasalahan yang muncul saat ini merupakan cerminan dari ketidak-mampuan sektor pendidikan dalam membekali individu di abad 21. Permasalahan berita bohong (hoax) yang semakin tidak terkendali hingga menimbulkan perpecahan merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia saat ini tidak memiliki kompetensi berfikir kritis yang mumpuni dalam menanggapi berita bohong. Contoh lainnya adalah penolakan kehadiran ojek online. Ini merupakan contoh penolakan terhadap salah satu bentuk hasil kreativitas teknologi. Masyarakat yang tidak memiliki kompetensi abad 21 akan menjadi oposisi terhadap daya saing global. Sektor pendidikan harus mampu membantu meminimalisir berbagai permasalahan yang muncul di masa depan.
            Berbagai upaya membekali siswa di abad 21 telah dilakukan oleh pemerintah melalui sektor pendidikan. Diantaranya, program pendidikan karakter yang tertintegrasi dalam pembelajaran dan program Gerakan Literasi Sekolah. Upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah di sektor pendidikan, pada umumnya berasal dari adaptasi, adopsi, dan modifikasi kurikulum pendidikan dari luar negeri terhadap kebutuhan masyarakat global saat ini. Saat kebutuhan tersebut sudah tidak menjadi utama di tingkat global, maka istilah mengganti atau mengembangkan kurikulum terbaru menjadi satu-satunya pilihan tanpa memperhatikan karakteristik jati diri bangsa.
Adaptasi, adopsi, dan modifikasi merupakan langkah mengembangkan sistem pendidikan. Adaptasi merupakan pengembangan sistem pendidikan dengan mengambil hal-hal yang dianggap baik dari sistem pendidikan negara lain yang sesuai dengan dasar pendidikan negara. Adopsi merupakan pengembangan sistem pendidikan dengan mengambil hal-hal yang dianggap baik tanpa memperhatikan kesesuaian terhadap dasar pendidikan negara. Sedangkan, modifikasi merupakan pengembangan sistem pendidikan dengan mengotak-atik sistem yang sudah ada tanpa melihat dasar pendidikan negara. Ketiga langkah ini menjadi langkah utama dalam mengembangkan sistem pendidikan Indonesia dan kebanyakan dilakukan tanpa mempertimbangkan aspek filsafat pendidikan negara, sehingga menimbulkan kesan ketidak-stabilan sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia. Tidak jarang langkah yang seharusnya menjadi solusi, berakhir menjadi masalah baru dalam pendidikan.
Gerakan Sekolah Literasi Pancasila (GerSLiP) adalah solusi yang ditawarkan penulis untuk mempersiapkan sumber daya manusia berdaya saing global dan berjiwa pancasila. Penulis mendefinisikan Literasi Pancasila sebagai kemampuan sadar pancasila. Konteks sadar disini adalah memahami, menerapkan dan mengevaluasi kesadaran akan pancasila. GerSLiP merupakan gerakan yang memahamkan ketika sudah memahami, mencontohkan ketika sudah menerapkan, dan mengevaluasi ketika sudah menjiwai. Dengan ini, GerSLiP menjadi upaya yang tepat dalam mempersiapkan SDM berdaya saing global berpancasila. GerSLiP membantu mempersiapkan sumber daya manusia di tingkatan usia pelajar sekolah sehingga sekolah menjadi sarana yang tepat dalam mengimplementasikan.
Prinsip dasar GerSLiP yang ditawarkan, dikembangkan pada konteks visi dan misi. Visi dasar gerakan ini adalah membangun mental berdaya saing global berpancasila. Sedangkan misi gerakan ini dijabarkan sebagai berikut: 1) menggabungkan keterampilan abad21 dengan pancasila dalam penjiwaannya; 2) melakukan adaptasi, adopsi, dan modifikasi tanpa melemahkan filsafat pendidikan pancasila; dan 3) aspek pancasila ditekankan pada setiap sisi bagian pendidikan di sekolah.
Misi dari GerSLiP dijabarkan menjadi gerakan-gerakan nyata sederhana dengan prinsip pancasila dan komitmen yang tinggi dalam pelaksanaannya. Penjabaran secara garis besar dipandu oleh pemerintah pusat, dan sekolah berhak mengembangkannya sesuai dengan kearifan budaya lokal. Contoh implementasi sederhananya dengan menghafalkan pancasila dan pembukaan UUD 45. Contoh ini sangat sederhana dan kelihatan biasa. Namun, dengan komitmen tinggi gerakan ini akan menjadikan siswa pandai dalam pengetahuan melalui pembelajaran dan memiliki sikap cinta negara yang tinggi. Komitmen tinggi harus dimiliki setiap warga sekolah tidak terkecuali. Guru sebagai kontrol siswa harus menghafalkan dan mengimplementasikan dengan baik pancasila dan UUD 45. Penjiwaan pancasila dan UUD 45 dapat dilakukan dengan pembacaan cerita heroik 3-5 menit tentang pahlawan saat jam tertentu. Misalnya saat pagi sebelum berdoa, dengan panduan dari pusat dan siswa disiapkan dengan disiplin untuk berdiri serta khidmat dalam mendengarkan cerita kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kenegaraan, ataupun mengucapkan sila pancasila, atau mengucapkan pembukaan UUD 45 dan ditutup dengan doa.
Jika hal sederhana ini dijadikan suatu gerakan yang tertuang dalam GerSLiP dan dilakukan dengan disiplin dan teratur, maka kerinduan akan manusia berpancasila ke depan akan terwujud. Bayangkan jika semua sekolah melakukan kegiatan ini. Siswa akan memiliki sikap disiplin, cinta tanah air, berpengetahuan, dan terampil. Dengan komposisi tersebut, sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad 21 yang berdaya saing global dan berpancasila akan terwujud. Tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi negara Adikuasa dengan tetap teguh berpegang pada pancasila.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL LATIHAN MOMEN INERSIA

Tugas Dinamika Rotasi Part 2

SOAL APLIKASI TORSI